Hot News
7 Juli 2024

Sejarah Adzan



Kang Linardo  

(Ustadz Linardo Indra Wicaksono - Ponpes Al Huda)


Dasar hukum adzan dan iqamah adalah ijma ulama yang didahului melalui impian Abdullah bin Zaid yang masyhur di suatu malam di mana para sahabat nabi shallallahu alaihi wasallam sedang sibuk bermusyawarah mengenai cara mengumpulkan manusia untuk menunaikan salat. 

Impian tersebut seperti termaktub di dalam kitab sunan Abi Dawud sebagai berikut dari Abdullah. Dia berkata kepada nabi shallallahu alaihi wasallam, di tengah-tengah saya tidur melintaslah seseorang laki-laki yang membawa lonceng di tangannya. Maka saya bertanya kepadanya wahai hamba Allah apakah lonceng itu akan saudara jual? ia menjawab akan saudara gunakan apa saya pun menjawabnya saya akan menggunakannya untuk memanggil manusia agar menunaikan salat. 

Ia berkata maukah saudara aku tunjukkan cara yang lebih baik daripada itu? saya menjawab mau dan terima kasih. 

Ia pun berkata ucapanlah Allahu Akbar dan seterusnya sampai akhir lafadz adzan kemudian ia pergi meninggalkan saya. 

Tidak begitu jauh hari saya datang kepada nabi shallallahu alaihi wasallam dan memberitahukan mengenai mimpi kepada beliau, lalu beliau bersabda benar itu adalah impian yang benar insya Allah.

Temui lah saudara Bilal, bilang dan sampaikanlah impianmu kepadanya supaya dia saja yang beradzan karena dia lah yang mempunyai suara lebih keras lantang daripada engkau. Saya pun lalu menemui Bilal dan menyampaikan impianku kepadanya kemudian dia beradzan.

(Rujukan kitab Fathul Mu'in juz 1 halaman 260) ***


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Sejarah Adzan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan