Hot News
17 Agustus 2024

Kodim 0615/Kuningan Upacara HUT ke-79 RI di Halaman Gedung Bersejarah Sutan Syahrir

 



Suarakuningan - Komando Distrik Militer 0615/Kuningan melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI yang digelar di Halaman Depan Gedung Sutan Syahrir, Desa Bandorasa Kulon, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Sabtu (17/8/2024). 


Dalam kegiatan upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0615/KNG Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan, Komandan Upacara Kapten Kav Suharto, Perwira Upacara Lettu Inf Saniyo, dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 Kapten Inf Sudrajat. Upacara ini diikuti oleh Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Uci S Karlan, perwira staf, Danramil jajaran Kodim 0615/Kuningan, Anggota Bintara dan Tamtama Kodim 0615/KNG  serta PNS Kodim 0615/KNG. 


Dalam upacara tersebut, Inspektur Upacara  Dandim 0615/KNG membacakan Amanat Panglima TNI. Dikatakannya, bahwa TNI sebagai komponen utama dalam Sistem Pertahanan Semesta harus mampu menjadi pelopor perekat kemajemukan bangsa agar Indonesia tetap utuh, kuat dan tangguh. Untuk itu, setiap personel TNI harus selalu menggelorakan rasa kebersamaan, toleransi dan solidaritas di lingkungannya masing masing guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 


Soliditas TNI yang dilandasi kesamaan tekad, semangat dan visi TNI yang prima dalam setiap pelaksanaan tugas perlu terus dibangun karena hal tersebut merupakan kunci utama peran diatas. Waspadai adanya provokasi atau adu domba dalam tubuh TNI yang sengaja diciptakan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melemahkanTNI. Oleh karenanya, kesatuan komando dan loyalitas tegak lurus harus menjadi bagian dari tanggung jawab dan karakter seluruh prajurit dan PNS TNI. 


"Saya ingatkan tugas kita ke depan bukan semakin ringan, tetapi sebaliknya, makin kompleks dan dinamis. Menyikapi hal tersebut, TNI harus diawaki oleh prajurit-prajurit yang handal, tangguh dan kompeten agar memiliki keunggulan kompetitif dan makin disegani oleh militer negara-negara di dunia. Berkaitan dengan hal diatas, saat ini TNI telah menerapkan sistem rekrutmen prajurit yang lebih modern, transparan dan akuntabel, guna menjaring calon-calon prajurit terbaik dari seluruh Indonesia. Dengan sistem ini, diharapkan TNI di masa depan 

tentunya akan lebih profesional dan berkualitas," tuturnya. 


Berkaitan dengan tahun politik 2024 yang sebentar lagi akan digelar yaitu Pilkada Serentak, TNI  berkomitmen penuh untuk menjaga netralitasnya. Netralitas TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI,dimana diantaranya untuk tidak berpolitik praktis. 


"Untuk itu, pelajari, pahami dan implementasikan Netralitas TNI pada ajang Pilkada Serentak yang akan datang. Selain itu, lakukan koordinasi dan komunikasi yang intens guna menguatkan sinergitas TNI dengan Polri dan komponen bangsa lainnya, dalam rangka menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman dan lancar," ujarnya. 

 

Mari kita pertahankan dan tingkatkan kesiapsiagaan kita untuk dapat bergerak dengan cepat membantu rakyat ketika terjadi bencana. Para prajurit dan PNS TNI yang saya cintai dan saya banggakan, hasil survei media terkemuka pada bulan Juni yang lalu terkait citra lembaga negara, menyatakanTNI berada pada urutan teratas. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan TNI selalu dibutuhkan dan terus mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat," ungkapnya. 


Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan PNS TNI atas semangat, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan dalam menjalankan tugas selama ini. 


"Terus bekerjalah dengan niat ibadah, tulus dan ikhlas akhirnya, marilah kita jadikan 

momen peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai tonggak baru dalam memperkuat komitmen dan integritas kita untukmenjadi prajurit dan PNS TNI yang siap mendukung pembangunan nasional dan kehadiran bermanfaat bagi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kodim 0615/Kuningan Upacara HUT ke-79 RI di Halaman Gedung Bersejarah Sutan Syahrir Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan