Hot News
19 Agustus 2024

Saung Sawala RT. 4 Dusun Pahing Desa Ciomas (Juara 3 Pos Kamling Kamtibmas Polres Kuningan 2023), Gelar Agustusan Seminggu Penuh Secara Swadaya



Suarakuningan – Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia selalu disambut baik oleh seluruh warga masyarakat Indonesia. Momen terlepasnya negeri ini dari kolonialisme / penjajahan Belanda menjadi momen membahagiakan yan dinanti.


Setiap tahunnya beragam kegiatan Agustusan (istilah kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI) dilaksanakan warga masyarakat dalam rangka bentuk ungkapan syukur dan kegembiraan memperingati Hari Kemerdekaan ini.


Dalam rangka HUT ke 79 Republik Indoesia dan Ulang Tahun Saung  Sawala serta menyambut Hari Jadi Kuningan, warga RT 004 Dusun pahing Desa Ciomas dibawah naungan SAUNG SAWALA mengadakan berbagai kegiatan, perlombaan dan syukuran.


Saung Sawala yang semula adalah pos kamling RT 4 Dusun Pahing Desa Ciomas, dan meraih Juara 3 Lomba Pos Kamling yang diselenggarakan Polres Kuningan, kini menjadi meluas sebagai ajang silaturahmi warga.



Wisnu selaku koordinator menyampaikan bahwa gelaran peringatan HUT RI tahun ini dibarengkan dengan ulang tahun nya Saung Sawala sekaligus menyambut Hari Jadi Kuningan.


Menurutnya Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 17-24 agustus 2024 dengan jenis kegiatan sebagai berikut;

1. Lomba Permainan anak-anak yang meliputi;

- Lomba Balap Kelereng

- Lomba tiup gelas plastik


2. Lomba permainan ibu-ibu yang meliputi;

- Lomba estafet balon

- Lomba memasukan sedotan ke dalam botol

- Lomba menggendong ember


3. Lomba permainan Bapak-Bapak yang meliputi

- Lomba pesen show berkostum daster

- Lomba estapet air


4. Lomba futsal antar kelompok kamling bapak-bapak yang diikuti oleh 7 kelompok;

- Kel. kamling malam senin

- Kel. Kamling malam selasa

- Kel. Kamling malam rabu

- Kel. Kamling malam kamis

- Kel. Kamling malam jumat

- Kel. Kamling malam sabtu

- Kel. Kamling malam minggu


Dari sekian rangkaian kegiatan tersebut semua pesertanya adalah warga RT 004 baik tua maupun muda serta anak-anak.


Selain kegiatan-kegiatan dalam bentuk lomba, warga RT 004 mengadakan KARNAPAL BUDAYA, yang mengangkat nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari kaum penjajah dan mengisi kemerdekaan dengan mangangkat budaya kearipan lokal.


Karnaval budaya ini diikuti oleh seluruh warga RT 004 dusun pahing tanpa kecuali, baik itu tua muda maupun anak-anak turut berpartisifasi dalam kegiatan karnaval ini.


Untuk puncak acara pada malam terakhir yaitu malam mimggu tanggal 24 Agustus 2024 kami mengadakan malam syukuran yang diisi dengan do’a bersama, kemudian dilanjutkan dengan pentas seni yang menampilkan kreasi seni anak-anak RT 004 baik itu anak TK, SD, SMP, SMA, bahkan ada beberapa kreasi yang menampilkan ibu-ibu dan bapak-bapak.


Harapan kami dengan rangkaian kegiatan ini warga RT 004 dapat “guyub sauyunan jeung pada batur” serta lebih jauhnya bisa menjunjung nilai perjuangan dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif, yang berguna bagi nusa bangsa serta agamanya.***


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Saung Sawala RT. 4 Dusun Pahing Desa Ciomas (Juara 3 Pos Kamling Kamtibmas Polres Kuningan 2023), Gelar Agustusan Seminggu Penuh Secara Swadaya Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan