Hot News
30 September 2024

Hasil Survei Jamparing Research: Dirahmati 34,8%, Ridho – Kamdan 33,8%, Yanuar – Udin 17%



Suarakuningan.com - Pilkada serentak tahun 2024 kian dekat, Jamparing Research sebagai Lembaga Penelitian Independen yang ada di Kabupaten Kuningan telah melakukan survei opini publik untuk mengetahui peta politik yang ada di Kabupaten Kuningan. Awal September 2024 Jamparing disibukkan dengan agenda survei Indeks Kepuasan Layanan Masyarakat terhadap beberapa Kementerian / Lembaga di Kabupaten Kuningan. Namun akhir September 2024 ini tepatnya pada tanggal 21 sampai dengan 26 September 2024 Jamparing juga berhasil melakukan survei politik jelang Pilkada di Kabupaten Kuningan.
 
Metodologi survei yang dilakukan Jamparing Research selalu menggunakan metode terbaik yaitu Stratified Multistage Random Sampling. Survei dilaksanakan di 32 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan mulai dari tanggal 21 - 26 September 2024. Jumlah Sampel tidak tanggung-tanggung yaitu selalu 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat sehingga Margin of errornya
± 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

 
 
Untuk memilih distribusi sampel yang memadai, jumlah sampel tiap Kecamatan dan Desa ditentukan secara proporsional dengan mengacu pada jumlah DPT berdasarkan data Pemilu 2024 KPU Kabupaten Kuningan. Jamparing juga mempertimbangkan strata masyarakat berdasarkan profesi dan demografi yang ada. Survei dilakukan secara wawancara tatap muka langsung menggunakan kuesioner oleh surveyor. Instrumen wawancara didesain oleh para peneliti Jamparing layaknya uji psikologis dimana didalamnya mengandung uji konsistensi, kejujuran, dan keajegan pemilih.


 
Kendali mutu dilakukan secara berlapis mulai dari proses rekruitmen dan pelatihan surveyor, pengumpulan data, spotcheck lapangan, hingga validasi dan verifikasi pasca pengumpulan data (call-back).


 
Pada survei Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Kuningan Jamparing mengukur elektabilitas pasangan calon, ditanyakan kepada masyarakat jika pemilihan dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan didukungnya, hasilnya sebagai berikut :



 
Dari data pada grafik, elektabilitas pasangan Dian Rachmat Yanuar-Tuti Andriani sementara unggul dengan angka sebesar 34,3% disusul pasangan M. Ridho-Kamdan dengan angka 33,8%, kemudian Yanuar Prihatin-Udin Kusnedi dengan angka 17%. Pada kondisi saat ini masih ada masyarakat yang belum menentukan pilihan sebesar 14,8%.


 
Untuk menelisik informasi dari masyarakat, Jamparing juga menanyakan siapa pasangan calon yang paling ramai dibicarakan di lingkungan masyarakat (Top of Mind). Datanya sebagai berikut :


 


Dari data pada grafik, nampak pasangan calon yang paling ramai dibicarakan di masyarakat urutan pertama adalah pasangan Dian Rachmat Yanuar-Tuti Andriani dengan angka 32,6%, disusul pasangan M. Ridho – Kamdan dengan angka 28,4%, kemudian Yanuar Prihatin – Udin Kusnedi 14,8%, dan masyarakat yang menjawab tidak tahu sebesar 24,3%.


 
Sebagai uji psikologis dan opini masyarakat, Jamparing kemudian menanyakan lagi siapa pasangan yang paling layak menjadi Bupati Kuningan. Data yang diperoleh adalah sebagai berikut :


 


Lagi-lagi data pada grafik memperlihatkan hasil yang hampir mirip dengan data elektabilitas pasangan calon, yaitu Dian Rachmat Yanuar-Tuti Andriani unggul dengan angka 34,8% disusul pasangan M.Ridho – Kamdan dengan perolehan angka sebesar 33,3%, lalu pasangan Yanuar Prihatin – Udin Kusnedi dengan angka 16,5%, terakhir masyarakat yang menjawab tidak tahu sebesar15,4%.


 
Perlu diketahui bahwa Jamparing telah melakukan survei Pilkada juga pada bulan Mei 2024. Dimana pada bulan Mei pasangan calon belum berpasangan, data saat itu M. Ridho unggul dengan angka 29,92%, disusul oleh Dian Rachmat Yanuar sebesar 21,25%, dan Yanuar Prihatin 4,25%. Jika data ini disandingkan dengan hasil survei Jamparing akhir September 2024 ini, maka akan nampak trend elektabilitas sebagai berikut :


 


 
Dari grafik nampak trend kenaikan Dian Rachmat Yanuar – Tuti Andriani dari 21,25% menjadi 34,3% naik sebesar 13,05%. Ini trend yang sangat positif. Kemudian M. Ridho – Kamdan dari 29,92% menjadi 33,8% juga mengalami kenaikan sebesar 3,88%, trendnya sama positif karena mengalami kenaikan.


 
Terakhir pasangan Yanuar Prihatin – Udin Kusnedi dari 4,25% menjadi 17% naik sebesar 12,75%, trend yang sangat positif juga.


 
Berdasarkan grafik trend elektabilitas tersebut, pasangan Dian Rachmat Yanuar – Tuti Andriani memiliki trend kenaikan paling unggul (13,05%), disusul pasangan Yanuar Prihatin – Udin Kusnedi (12,75%), dan trend kenaikan paling rendah adalah pasangan M. Ridho – Kamdan (3,88%).


Jamparing sebagai lembaga riset independen menyampaikan rilis data ini ke publik agar memberikan gambaran tentang informasi elektabilitas ketiga pasangan calon. Selain itu juga sebagai bahan informasi bagi semua pasangan calon agar dapat memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk terus bergerak menyampaikan ide, gagasan, program, dan visi-misinya kepada seluruh lapisan masyarakat.(red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Hasil Survei Jamparing Research: Dirahmati 34,8%, Ridho – Kamdan 33,8%, Yanuar – Udin 17% Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan