Hot News
3 September 2024

Lingkungan Alam Terpelihara, Masa Depan Sumber Daya Manusia Berkualitas Akan Tercipta

Jelang Pemilihan Bupati, Seorang Pria Asal Kuningan Sampaikan Aspirasi Akan Pentingnya Hal Ini Melalui Tulisan!




Penulis: Mabrur Abdurrahman


Ada sebuah kalimat yang menyatakan bahwa "Manusia membutuhkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhannya, sedangkan sumber daya alam membutuhkan manusia untuk pelestariannya".


Dari kalimat ini, kita paham bahwa hubungan antara manusia dengan alam tidak mungkin bisa dipisahkan. Bahkan teknologi canggih yang dibuat oleh manusia saat ini beberapa diantaranya terinspirasi dari alam, salah satu yang terkenal diantaranya adalah Navigasi, yaitu sensor di kebanyakan mobil modern yang mendeteksi benda saat mundur terinspirasi dari kemampuan navigasi kelelawar. Sensor ini biasanya menghitung arah dan jarak benda-benda di sekitarnya dengan mengeluarkan gelombang ultrasonik yang merefleksikan objek di belakangnya. (https://theconversation.com)


Inspirasi tersebut dapat mengingatkan kita bahwa alam memiliki peran penting terhadap keberlangsungan hidup manusia, dari mulai pangan yang sehat, air bersih yang dapat dikonsumsi, hingga perkembangan teknologi yang kita rasakan saat ini.


Namun, disamping dapat memberi manfaat dan peran dalam kemajuan teknologi, sumber daya alam juga dapat menjadi bencana bagi umat manusia apabila tidak dirawat dan dilestarikan dengan baik. Maka dari itu, upaya untuk merawat dan melestarikan sumber daya alam harus terus dilakukan, terutama pada lingkungan alam desa yang kita tinggali saat ini, agar terhindar dari bencana alam dan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. 


Sumber daya alam desa merupakan salah satu aset penting bagi keberlangsungan hidup masyarakatnya. Selain dapat digunakan untuk dijadikan tempat wisata atau memperoleh kekayaan dari hasil perjanjian atau kontrak kepada pihak tertentu, pemerintah desa juga seharusnya tidak lupa akan pentingnya merawat, menjaga serta melestarikan aset berharga tersebut agar tidak rusak. 


Sumber daya alam yang terjaga dan terpelihara dengan baik dapat memproduksi berbagai makanan, energi, material bangunan hingga pakaian serta obat-obatan. Dan banyak lagi manfaat-manfaat lainnya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia juga makhluk hidup lainnya.  


Dari manfaat tersebut kemudian ada sebuah pertanyaan, apa yang akan terjadi jika sumber daya dan lingkungan alam ini hanya dimanfaatkan atau dikomersilkan untuk kepentingan tertentu, sedangkan bentuk pelestariannya belum optimal atau bahkan minimnya interaksi positif terhadap lingkungan alam itu sendiri?


Jika sumber daya alam rusak dan tidak dirawat dengan baik, maka resiko terjadinya bencana alam sangat besar, diantaranya seperti Banjir dan Tanah longsor. Oleh karenanya, peran pemerintah dalam menjaga dan melindungi sumber daya alam sangat dibutuhkan. 


Selain itu, pemerintah desa juga harus berada di garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga, melestarikan serta mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan dan berkesinambungan agar sumber daya alam desa tidak rusak dan tetap terjaga, sehingga generasi mendatang dapat merasakan manfaat langsung seperti kualitas hidup melalui pemanfaatan sumber daya seperti Air bersih, Udara bersih dan Pangan yang sehat. Serta dapat meningkatkan ekonomi desa melalui pemanfaatan sumberdaya alam yang bijak.


Ketika mendapati sebuah permasalahan terkait sumber daya alam yang berada di wilayahnya, Pemerintah desa setempat mampu menemukan solusi dengan cepat dan tepat, misalnya segera melakukan penanaman pohon atau reboisasi pada lahan kritis dan tandus. Karena terkadang masyarakat dihadapkan pada suatu kondisi disaat pepohonan yang berperan menyerap berbagai polusi dan membuat udara menjadi bersih satu per satu mulai roboh dan tumbang itu dibiarkan oleh pemerintah setempat tanpa tergerak untuk menanam kembali atau melakukan reboisasi.


Kemudian mata air bersih yang menyeruak dari dalam tanah ke permukaan mulai tercemar oleh limbah industri kecil maupun industri besar, juga bisa disebabkan oleh senyawa organik yang dapat berupa pestisida, detergen hingga limbah minyak yang juga kurang diperhatikan. Padahal kita tahu bahwa kandungan zat kimia didalamnya dapat berbahaya jika air sudah tercemar dan dikonsumsi oleh masyarakat. 


Kondisi seperti inilah yang sangat kita khawatirkan, apabila kekayaan sumber daya alam tidak dikelola dengan baik maka akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan berdampak negatif bagi kesejahteraan masyarakat desa setempat. 


Kepala desa dan lembaga desa memiliki peran penting dalam pengelolaan sumber daya alam di desa. Mereka harus memastikan bahwa sumber daya alam di desa dilakukan secara berkelanjutan dan terencana. Serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam desa. Agar sumber daya alam ini senantiasa dijaga dan dirawat, khususnya lingkungan alam di wilayah desa setempat, jangan sampai Tuhan murka karena lupa terhadap nikmat dari pemanfaatan sumber daya alam yang telah dititipkan kepada kita.


Jika selama periode menjabat merasa tidak mampu menciptakan air dan udara yang bersih untuk kesejahteraan masyarakat, setidaknya pemerintah desa diharapkan mampu menjadi pelopor sekaligus inspirator bagi masyarakat dalam hal merawat dan melestarikan sumber daya alam di wilayah setempat, sebagai bentuk syukur kepada Sang pencipta yang telah memberikan berbagai manfaat dari sumber daya alam yang terjaga dan terawat, sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan hingga generasi mendatang. 


Maniskidul, Senin 02 September 2024


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Lingkungan Alam Terpelihara, Masa Depan Sumber Daya Manusia Berkualitas Akan Tercipta Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan